السلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Jumat, 31 Mei 2013

SUDAH BENARKAH MANDI JANABATMU, WAHAI SAUDARAKU???

SHIFAT MANDI JANABAT DAN HAIDL (1)
 بسم الله الرحمن الرحيم

Berikut ini akan dijelaskan tentang kaifiyat atau tata cara mandi janabat dan mandi haidl sebagaimana yang telah diperagakan dan diperintahkan oleh Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

Banyak di kalangan kaum muslimin yang tidak memahami cara mandi janabat, bahkan juga orang yang telah menikah dalam kurun waktu yang lama. Mereka hanya mengetahui bahwa ‘mandi besar’ itu hanyalah mandi seperti biasa tanpa diawali oleh amalan tertentu yang disyariatkan. Bahwa mandi itu hanyalah mengguyurkan air keseluruh tubuh, dan disyaratkan di dalamnya dengan membersihkan rambut dengan shampoo dan menggosok seluruh tubuh dengan sabun.

Padahal anggapan yang telah turun menurun itu tidak sesuai dengan apa yang telah dicontohkan dan diperintahkan oleh teladan kita yaitu Rosululllah Shallallahu alaihi wa sallam.

Bagaimanakah caranya mandi janabat?

عن عائشة زوج النبي صلى الله عليه و سلم  أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه و سلم  كَانَ إِذَا اغْتَسَلَ مِنَ اْلجَنَابَةِ بَدَأَ فَغَسَلَ يَدَيْهِ ثُمَّ تَوَضَّأَ كَمَا يَتَوَضَّأُ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ يُدْخِلُ أَصَابِعَهُ فىِ اْلمـَاءِ فَيُخَلِّلُ بِهَا أُصُوْلَ شَعْرِهِ ثُمَّ يَصُبُّ (و فى رواية: حَتىَّ إِذَا ظَنَّ أَنَّهُ قَدْ أَرْوَى بَشَرَتَهُ أَفَاضَ) عَلَى رَأْسِهِ ثَلاَثَ غُرَفٍ بِيَدَيْهِ ثُمَّ يُفِيْضُ عَلَى جِلْدِهِ كُلِّهِ

Dari Aisyah istri Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, bahwasanya Nabi Shallallahu alaihi wa sallam apabila mandi dari janabat beliau memulai dengan membasuh kedua tangannya kemudian berwudlu seperti wudlunya untuk sholat. Lalu memasukkan jemarinya ke air kemudian menyela-nyela ujung rambutnya lalu menuangkan (dalam satu riwayat, sehingga apabila ia telah yakin telah mengairi kulit kepalanya, ia menuangkan) air atas kepalanya tiga cidukan dengan kedua tangannya kemudian ia menuangkan air ke seluruh kulitnya. [HR al-Bukhoriy: 248, 262, 272 dan lafazh hadits ini di dalam Mukhtashor Shahiih al-Imam al-Bukhooriy, Muslim: 316, Abu Dawud: 242, 243, at-Turmudziy: 104, an-Nasa’iy: I/ 134 dan Ahmad: I/ 307, 330. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]. [1]

عن ميمونة قَالَتْ: وَضَعْتُ (وفى رواية: صَبَبْتُ) لِلنَّبِيِّ مَاءً لِلْغُسْلِ [مِنَ اْلجَنَابَةِ] [وَ سَتَرْتُهُ] فَغَسَلَ يَدَيْهِ مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلاَثًا ثُمَّ أَفْرَغَ [بِيَمِيْنِهِ] عَلَى شِمَالِهِ فَغَسَلَ مَذَاكِيْرَهُ (و فى رواية: فَرْجَهُ وَ مَا أَصَابَهُ مِنَ اْلأَذَى) ثُمَّ مَسَحَ يَدَهُ بِاْلأَرْضِ (و فى رواية:  ثُمَّ دَلَّكَ بِهَا اْلحَائِطَ و فى أخرى: بِاْلأَرْضِ أَوِ اْلحَائِطِ) [مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلاَثًا] [ثُمَّ غَسَلَهَا] ثُمَّ مَضْمَضَ وَ اسْتَنْشَقَ وَ غَسَلَ وَجْهَهُ وَ يَدَيْهِ [وَ غَسَلَ رَأْسَهُ ثَلاَثًا] (و فى رواية: تَوَضَّأَ وُضُوْءَهُ لِلصَّلاَةِ غَيْرَ رِجْلَيْهِ) ثُمَّ أَفَاضَ عَلَى جَسَدِهِ ثُمَّ تَحَوَّلَ مِنْ مَكَانِهِ فَغَسَلَ قَدَمَيْهِ [ثُمَّ أَتيَ بِمِنْدِيْلٍ فَلَمْ يَنْفُضْ بِهَا (و فى رواية: فَنَاوَلْتُهُ خِرْقَةً فَقَالَ بِيَدِهِ هَكَذَا وَ لَمْ يُرِدْهَا) (و فى أخرى: فَنَاوَلْتُهُ ثَوْبًا فَلَمْ يَأْخُذْهُ فَانْطَلَقَ وَ هُوَ يَنْفُضُ يَدَيْهِ)] فَجَعَلَ يَنْفُضُ بِيَدِهِ

Dari Maimunah radliyallahu anha berkata, ”Aku yang meletakkan (di dalam satu riwayat: yang menuangkan) air bagi Nabi Shallallahu alaihi wa sallam untuk mandi (dari janabat). Aku menutupinya (dari pandangan manusia), maka Beliau membasuh kedua tangannya dua atau tiga kali kemudian menuangkan (air) dengan tangan kanannya atas tangan kirinya lalu mencuci kemaluannya (di dalam satu riwayat, farjinya dan apa yang terkena kotoran). Lalu mengusap tangannya ke tanah (di dalam satu riwayat, lalu menggosok-gosokkan tangannya ke dinding, di dalam riwayat yang lain, ke tanah atau dinding), dua atau tiga kali. Kemudian membasuhnya, lalu berkumur-kumur, beristinsyaq, membasuh wajah, kedua tangan (dan membasuh kepalanya tiga kali) (di dalam satu riwayat, berwudlu seperti wudlunya untuk sholat kecuali kedua kakinya). Lalu menuangkan (air) ke seluruh tubuhnya kemudian berpindah dari tempatnya lalu membasuh kedua kakinya. Lalu didatangkan kepadanya handuk kecil tetapi Beliau tidak mengibaskan kain tersebut ke tubuhnya (di dalam satu riwayat, lalu aku ambilkan untuknya secarik kain, maka Beliau berkata dengan tangannya, ”Begini dan Beliau tidak menginginkannya”). (Di dalam riwayat yang lain, lalu aku mengambilkan sepotong kain tetapi Beliau tidak mengambilnya kemudian pergi sedangkan Beliau sedang mengibas-ngibaskan kedua tangannya). Maka Beliau mengibas-ngibaskan tangannya”. [HR al-Bukhoriy: 249, 257, 259, 260, 265, 266, 274, 276, 281 dan lafazh hadits ini dari Mukhtashor Shahih al-Imam al-Bukhoriy, Muslim: 317, Abu Dawud: 245, at-Turmudziy: 103, an-Nasa’iy: I/ 137, 138 dan Ibnu Majah: 573. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].[2]

Dari dua hadits di atas, dapat diketahui tentang tata cara mandi janabat yang dicontohkan oleh Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam, yaitu;

1. Niat mandi di dalam hati tanpa mengucapkan niat dengan lisan. [3]
2 . Kemudian mengucapkan tasmiyah yaitu membaca; بسم الله
 3.Kemudian membasuh kedua (telapak) tangan sebanyak dua atau tiga kali.
4.Kemudian menuangkan (air) dengan tangan kanannya kepada tangan kirinya lalu mencuci farjinya dengan tangan kirinya.

 عن ميمونة قَالَتْ: وَضَعْتُ لِلنَّبِيِّ صلى الله عليه و سلم  غُسْلاً يَغْتَسِلُ بِهِ مِنَ اْلجَنَابَةِ فَأَكْفَأَ اْلإِنَاءَ عَلَى يَدِهِ اْليُمْنىَ فَغَسَلَهَا مَرَّتَيْنِ أَوْ ثَلاَثًا ثُمَّ صَبَّ عَلَى فَرْجِهِ فَغَسَلَ فَرْجَهُ بِشِمَالِهِ ثُمَّ ضَرَبَ بِيَدِهِ اْلأَرْضَ فَغَسَلَهَا ثُمَّ مَضْمَضَ وَ اسْتَنْشَقَ وَ غَسَلَ وَجْهَهُ وَ يَدَيْهِ ثُمَّ صَبَّ عَلَى رَأْسِهِ وَ جَسَدِهِ ثُمَّ تَنَحَّى نَاحِيَةً فَغَسَلَ رِجْلَيْهِ
          
Dari Maimunah radliyallahu anhaberkata, ”Aku meletakkan air mandi untuk Nabi Shallallahu alaihi wa sallam yang Beliau mandi janabat dengannya. Lalu Beliau menuangkan bejana atas tangan kanannya dan membasuhnya dua atau tiga kali. Lalu menuangkan (air) atas farjinya lalu mencuci farjinya dengan tangan kirinya kemudian memukul (menepuk) lantai dengan tangannya, lalu mencuci (tangannya) kembali. Kemudian berkumur-kumur dan istinsyaq, membasuh wajah dan kedua tangannya lalu menuangkan air di atas kepala dan tubuhnya. Kemudian menggeser pindah dan membasuh kedua kakinya”. [HR Abu Dawud: 245, Muslim: 317 dan an-Nasa’iy: I/ 132-133. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]. [4]

5.Kemudian mengusap tangan ke tanah (lantai) atau dinding atau menggosok-gosokkan dinding dengannya sebanyak dua atau tiga kali.
 6.Kemudian membasuh kedua (telapak) tangannya kembali.
 7.Kemudian berwudlu seperti wudlunya untuk sholat. Dianjurkan menangguhkan pembasuhan kedua kaki di akhir mandi.

 عن ميمونة زوج النبي صلى الله عليه و سلم  قَالَتْ: اغْتَسَلَ النَّبِيُّ صلى الله عليه و سلم  مِنَ اْلجَنَابَةِ فَغَسَلَ فَرْجَهُ وَ دَلَكَ يَدَهُ بِاْلأَرْضِ أَوِ اْلحَائِطِ ثُمَّ تَوَضَّأَ وُضُوْءَهُ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ أَفَاضَ عَلَى رَأْسِهِ وَ سَائِرِ جَسَدِهِ
           
Dari Maimunah istri Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berkata, ”Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pernah mandi dari janabat. Lalu Beliau membasuh farjinya dan menggosok-gosokkan tangannya ke tanah atau dinding. Kemudian Beliau berwudlu seperti wudlunya untuk sholat lalu mengguyur air ke atas kepala dan seluruh tubuhnya”. [HR an-Nasa’iy: I/ 208. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]. [5] 

8.Kemudian memasukkan jari jemari ke dalam air lalu menyela-nyela akar-akar rambut dengannya dan menyiram kulit kepala di mulai dari sebelah kanan.

   عن عائشة قَالَتْ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم إِذَا اغْتَسَلَ مِنَ اْلجَنَابَةِ يَبْدَأُ فَيُفْرِغُ مِنْ يَمِيْنِهِ عَلَى شِمَالِهِ –وَ قَالَ مُسَدَّدٌ: غَسَلَ يَدَيْهِ  يَصُبُّ اْلإِنَاءَ عَلَى يَدَهُ اْليُمْنىَ –فَيَغْسِلُ فَرْجَهُ- قَالَ مُسَدَّدٌ: يُفْرِغُ عَلَى شِمَالِهِ وَ رُبمَّاَ كَنَتْ عَنِ اْلفَرْجِ- ثُمَّ يَتَوَضَّأُ وُضُوْءَهُ لِلصَّلاَةِ ثُمَّ يُدْخِلُ يَدَيْهِ فىِ اْلإِنَاءِ فَيُخَلِّلُ شَعْرَهُ حَتىَّ إِذَا رَأَى أَنَّهُ قَدْ أَصَابَ اْلبَشَرَةَ أَوْ أَنْقَى اْلبَشَرَةَ أَفْرَغَ عَلَى رَأْسِهِ ثَلاَثًا فَإِذَا فَضَلَ فَضْلَةٌ صَبَّهَا عَلَيْهِ
           
Dari Aisyah radliyallahu anha berkata, “Adalah Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam apabila mandi dari janabat mulai dengan menuangkan (air) dengan tangan kanannya atas tangannya yang kiri. -Berkata Musaddad, “Membasuh kedua tangannya untuk menuangkan bejana atas tangan kanannya lalu mencuci farjinya”. Berkata Musaddad, ”menuangkan atas tangan kirinya dan barangkali mengibaratkan farji”-. Kemudian Beliau berwudlu seperti wudlunya untuk sholat lalu memasukkan kedua tangannya ke dalam bejana kemudian menyela-nyela rambutnya sehingga apabila Beliau telah yakin telah mengenai kulit atau membersihkan kulit, Beliau menuangkan (air) atas kepalanya tiga kali. Apabila ada kelebihan air Beliau menuangkan atasnya”. [HR Abu Dawud: 242 dan an-Nasa’iy: I/ 205. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]. [6]

عن عروة قال: حدثتني عائشة رضي الله عنها عَنْ غُسْلِ النَّبِيِّ صلى الله عليه و سلم مِنَ اْلجَنَابَةِ أَنَّهُ كَانَ يَغْسِلُ يَدَيْهِ وَ يَتَوَضَّأُ وَ يُخَلِّلُ رَأْسَهُ حَتىَّ يَصِلَ إِلىَ شَعْرِهِ ثُمَّ يُفْرِغُ عَلَى سَائِرِ جَسَدِهِ
           
Dari Urwah berkata, “Aisyah radliyallahu anha pernah menceritakan kepadaku tentang mandi janabatnya Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Beliau membasuh kedua tangannya, berwudlu dan menyela-nyela kepalanya sehingga sampai ke rambutnya kemudian menuangkan (air) keseluruhan tubuhnya”. [HR an-Nasa’iy: I/ 135. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]. [7]

عن عائشة رضي الله عنها قَالَتْ: كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه و سلم  إِذَا اغْتَسَلَ مِنَ اْلجَنَابَةِ دَعَا بِشَيْءٍ نَحْوَ اْلحِلاَبِ بِكَفَّيْهِ فَبَدَأَ بِشِقِّ رَأْسِهِ اْلأَيْمَنِ ثُمَّ اْلأَيْسَرِ فَقَالَ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ
           
Dari Aisyah radliyallahu anha berkata, ”Nabi Shallallahu alaihi wa sallam biasanya apabila hendak mandi janabat Beliau menyuruh mengambil hilab (bejana). [8] Lalu Beliau mengambil dengan kedua telapak tangannya dan memulainya dari sebelah kanan kepalanya kemudian sebelah kiri. Beliau melakukannya dengan kedua tangannya atas kepalanya”. [HR al-Bukhoriy: 258, Muslim: 318 dan Ibnu Khuzaimah: 245. asy-Syaikh al-Albaniy menshahihkan hadits ini]. [9]

9. Kemudian menuangkan (air) ke kepala sebanyak tiga cidukan dengan kedua tangan dan perempuan tidak perlu menguraikan rambutnya ketika mandi.

عن أم سلمة رضي الله عنها قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنىِّ امْرَأَةٌ  أَشَدُّ ضَفْرَ رَأْسِي فَأَنْقُضُهُ لِغُسْلِ اْلجَنَابَةِ؟ قَالَ: لاَ إِنمَّاَ يَكْفِيْكَ أَنْ تَحْثِىَ عَلَى رَأْسِكَ ثَلاَثَ حَثَيَاتٍ ثُمَّ تُفِيْضِيْنَ عَلَيْكَ اْلمَاءَ فَتَطْهُرِيْنَ
           
Dari Ummu Salamah radliyallahu anha berkata, aku berkata, “Wahai Rosulullah sesungguhnya aku adalah seorang perempuan yang berambut sangat tebal (sanggulannya), maka bolehkah aku menguraikannya untuk mandi janabat. Beliau bersabda, “Tidak perlu, cukuplah bagimu engkau menyiram kepalamu tiga kali siraman kemudian engkau mengguyur air ke tubuhmu maka engkau telah bersuci”. [HR Muslim: 105, at-Turmudziy: 105, an-Nasa’iy: I/ 13, Abu Dawud: 251 dan Ibnu Khuzaimah: 246. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].[10]

عن عبيد بن عمير قَالَ: بَلَغَ عَائِشَةَ أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عُمَرَ يَأْمُرُ النِّسَاءَ إِذَا اغْتَسَلْنَ أَنْ يَنْقُضْنَ رُؤُوْسَهُنَّ فَقَالَتْ: يَا عَجَبًا لِابْنِ عُمَرَ هَذَا يَأْمُرُ النِّسَاءَ إِذَا اغْتَسَلْنَ أَنْ يَنْقُضْنَ رُؤُوْسَهُنَّ أَفَلاَ يَأْمُرُهُنَّ أَنْ يَحْلِقْنَ رُؤُوْسَهُنَّ لَقَدْ كُنْتُ أَغْتَسِلَ أَنَا وَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم مِنْ إِنَاءٍ وَاحِدٍ وَ لاَ أَزِيْدُ عَلَى أَنْ أُفْرِغَ عَلَى رَأْسِي ثَلاَثَ إِفْرَاغَاتٍ

Dari Ubaid bin Umar berkata, telah sampai kepada Aisyah radliyallahu anha bahwasanya Ibnu Umar radliyallahu anhuma menyuruh para perempuan untuk meguraikan rambut mereka apabila hendak mandi”. Aisyah berkata, “Sungguh mengherankan Ibnu Umar itu, tidakkah ia menyuruh mereka sekalian agar mencukur (rambut) kepala mereka. Sungguh-sungguh aku pernah mandi bersama Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam dari satu bejana dan aku tidak pernah menambah atas menuangkan ke atas kepalaku dengan tiga tuangan”. [HR Muslim: 331, Ibnu Majah: 604, Ibnu Khuzaimah: 247 dan Ahmad: VI/ 43. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]. [11]

عن عائشة قَالَتْ: لَقَدْ رَأَيْتُنيِ أَغْتَسِلُ أَنَا وَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم مِنْ هَذَا فَإِذَا تَوْرٌ مَوْضُوْعٌ مِثْلُ الصَّاعِ أَوْ دُوْنَهُ فَنَشْرَعُ فِيْهِ جَمِيْعًا فَأُفِيْضُ عَلَى رَأْسِي بِيَدِي ثَلاَثَ مَرَّاتٍ وَ مَا أَنْقُضُ ليِ شَعْرًا
           
Dari Aisyah radliyallahu anha berkata, “Sungguh-sungguh aku telah menyaksikan diriku dan Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam mandi dari (sebab) ini. Tiba-tiba (aku lihat) ada bejana yang diletakkan berisi sekitar satu sha’ atau kurang. Lalu kami memasukkan (tangan kami) ke dalamnya bersama-sama. Lalu aku tuangkan ke atas kepalaku dengan kedua tanganku tiga kali dan aku sama sekali tidak menguraikan rambutku”. [HR an-Nasa’iy: I/ 203. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].[12]

عن ثوبان أَ نَّهُمُ اسْتَفْتَوا النَّبِيَّ صلى الله عليه و سلم عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ: أَمَّا الرَّجُلُ فَلْيَنْشُرْ رَأْسَهُ فَلْيَغْسِلْهُ حَتىَّ يَبْلُغَ أُصُوْلَ الشَّعْرِ وَ أَمَّا اْلمـَرْأَةُ فَلاَ عَلَيْهَا أَنْ لاَّ تَنْقُضَهُ لِتَغْرِفَ عَلَى رَأْسِهَا ثَلاَثَ غَرَفَاتٍ بِكَفَّيْهَا
           
Dari Tsauban radliyallahu anhu bahwasanya mereka pernah meminta fatwa kepada Nabi Shallallahu alaihi wa sallam tentang hal itu. Beliau bersabda, ”Adapun lelaki hendaklah ia menguraikan (rambut) kepalanya lalu ia membasuhnya sehingga sampai ke akar-akar rambutnya. Dan adapun perempuan maka tidak ada keharusan baginya, ia tidak perlu menguraikannya. Hendaklah ia menciduk (air) atas kepalanya sebanyak tiga kali cidukan dengan kedua telapak tangannya”. [HR Abu Dawud: 255. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]. [13]

عن جبير بن مطعم قَالَ: َتمَارَوْا فىِ اْلغُسْلِ مِنَ اْلجَنَابَةِ عِنْدَ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه و سلم فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم : أَمَّا أَنَا فَأُفِيْضُ عَلَى رَأْسِي ثَلاَثَ أَكُفٍّ
          
Dari Jubair bin Muth’im berkata, ”Mereka pernah berdebat tentang mandi janabat di sisi Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam”. Maka Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, ”adapun aku akan menuangkan (air) ke atas kepalaku sebanyak tiga telapak tangan”. [HR Ibnu Majah: 575, Muslim: 327, Abu Dawud: 239 dan an-Nasa’iy: I/ 135, 207. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih]. [14]

عن أبي سعيد أَنَّ رَجُلاً سَأَلَهُ عَنِ اْلغُسْلِ مِنَ اْلجَنَابَةِ فَقَالَ: ثَلاَثًا فَقَالَ الرَّجُلُ: إِنَّ شَعْرِي كَثِيْرٌ  فَقَالَ: رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم كَانَ أَكْثَرُ شَعْرًا مِنْكَ وَ أَطْيَبُ
           
Dari Abu Said radliyallahu anhu bahwasanya ada seorang lelaki bertanya kepadanya tentang mandi janabat. Ia berkata, ”tiga kali”. Lelaki itu bertanya lagi, ”Sesungguhnya rambutku lebih tebal”. Ia menjawab, ”Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam memilki rambut yang lebih tebal dan lebih bagus darimu”. [HR Ibnu Majah: 576 dan Muslim: 329 dari Jabir bin Abdullah. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Shahih].[15]

عن أبي هريرة سَأَلَهُ رَجُلٌ: كَمْ أُفِيْضُ عَلَى رَأْسِي وَ أَنَا جُنُبٌ؟ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم يَحْثُوْ عَلَى رَأْسِهِ ثِلاَثَ حَثَيَاتٍ قَالَ الرَّجُلُ: إِنَّ شَعْرِي طَوِيْلٌ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه و سلم  أَكْثَرُ شَعْرًا مِنْكَ وَ أَطْيَبُ
           
Dari Abu Hurairah radliyallahu anhu, ada seorang lelaki bertanya kepadanya, “Berapa kali aku harus menuangkan air ke kepalaku sedangkan aku junub?”. Ia menjawab, ”Rosulullah biasanya menuangkan (air) ke atas kepalanya tiga kali tuangan”. Lelaki itu berkata, ”Sesungguhnya rambutku panjang”. Abu Hurairah berkata, ”Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam memilki rambut lebih banyak dan lebih bagus darimu”. [HR Ibnu Majah: 578 dan al-Hakim: 243 dari Jabir bin Abdullah radliyallahu anhu. Berkata asy-Syaikh al-Albaniy: Hasan Shahih]. [16]

10.  Kemudian menuangkan air ke seluruh tubuh.

 Yaitu ia menuangkan dan mengguyurkan air ke seluruh tubuh dan mandi seperti mandi pada biasanya. Di dalam amalan ini diperbolehkan menggunakan sabun untuk menggosok dan membersihkan seluruh tubuh terutama pada bagian-bagian yang sulit terkena air semisal di ketiak, pangkal paha, lipatan-lipatan kulit dan sebagainya. Diperbolehkan juga menggunakan shampoo untuk membersihkan, mengharumkan atau menyehatkan rambut sebagaimana yang diinginkan oleh orang yang mandi.

11. Kemudian berpindah tempat dan membasuh kedua kaki.

Berkata asy-Syaikh al-Albaniy rahimahullah, ”Hadits ini (yaitu hadits Maimunah radliyallahu anha) merupakan nash (atau dalil) atas bolehnya mengakhirkan pembasuhan kedua kaki dalam mandi berbeda dengan haditsnya Aisyah radliyallahu anha. Boleh jadi Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam melakukan kedua perkara itu yaitu sekali waktu membasuh kedua kaki berbarengan dengan wudlu dan sekali waktu mengakhirkan membasuh keduanya sampai akhir mandi. Wallahu a’lamu. [17]

Yaitu ketika orang yang mandi itu telah merasa cukup mandi karena yakin semua anggota tubuhnya kena basuhan air, maka hendaklah ia menggeser atau berpindah tempat ke arah kanan, kiri, ke depan ataupun belakang lalu membasuh kedua kakinya yang di mulai dengan kaki kanan lalu kedua kaki kirinya. Namun boleh juga membasuh kedua kaki itu di dahulukan dari menuangkan air ke seluruh tubuh dan yakni berbarengan dengan wudlu.

Demikian kaifiyat atau tata cara mandi janabat yang disyariatkan dan dicontohkan oleh Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam, dan pembahasan ini akan berlanjut kepada kaifiyat mandi haidl dan nifas. In syaa Allah ta’ala.

[1] Mukhtashor Shahih al-Imam al-Bukhoriy: 147, Shahih Sunan Abi Dawud: 222, 223, Shahih Sunan at-Turmudziy: 91, Shahih Sunan an-Nasa’iy: 241 dan Irwa’ al-Ghalil: 132.
[2] Mukhtashor Shahih al-Imam al-Bukhoriy: 153, Shahih Sunan Abi Dawud: 224, Shahih Sunan at-Turmudziy: 90, Shahih Sunan an-Nasa’iy: 404, 405, 406, Shahih Sunan Ibni Majah: 465 dan Irwa’ al-Ghalil: 131.
[3]  Biasanya orang-orang awam mengucapkan: … نويت رفع الحدث dan ini adalah bid’ah.
[4] Shahih Sunan Abi Dawud: 224 dan Shahih Sunan an-Nasa’iy: 237.
[5]  Shahih Sunan an-Nasa’iy: 415.
[6] Shahih Sunan Abi Dawud: 222 dan Shahih Sunan an-Nasa’iy: 407.
[7] Shahih Sunan an-Nasa’iy: 242 dan Irwa’ al-Ghalil: 132.
[8]  Tetapi ada juga hilab yang diartikan dengan wewangian. [Fat-h al-Bariy: I/ 369].
[9]  Mukhtashor Shahih al-Imam al-Bukhoriy: 154.
[10] Shahih Sunan at-Turmuziy: 92, Shahih Sunan an-Nasa’iy: 235, Shahih Sunan Abi Dawud: 226 dan Irwa’ al-Ghalil: 136.
[11] Shahih Sunan Ibni Majah: 488.
[12] Shahih Sunan an-Nasa’iy: 403.
[13] Shahih Sunan Abi Dawud: 230 dan Shahih al-Jami’ ash-Shaghir: 1343.
[14] Shahih Sunan Ibni Majah: 466, Shahih Sunan Abi Dawud: 220, Shahih Sunan an-Nasa’iy: 244 dan Shahih al-Jami’ ash-Shaghir: 1344, 1345.
[15]  Shahih Sunan Ibni Majah: 467.
[16] Shahih Sunan Ibni Majah: 469.
[17] Irwa’ al-Ghalil: I/ 170.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar